Minggu, 06 Januari 2013

TENTANG BUROQ



TENTANG BUROQ
Buroq merupakan jenis hewan yang diciptakan Allah. Ia menjadi satu – satunya hewan yang pernah mengantarkan Nabi Muhammad SAW saat isro’ mi’roj bersama jibril untuk menerima wahyu sholat yang diturunkan langsung oleh Allah tanpa perantara sebagaimana wahyu – wahyu lainnya. Buroq adalah hewan yang menurut penggambaran para ulama’ berbentuk seperti kuda memiliki sayap. Dia terbang dengan kecepatan tinggi, tidak sama dengan hewan – hewan yang ada di dunia. Karena Buroq  adalah jenis binatang yang berada di surge, maka Allah  tidak menciptakanya untuk hidup di dunia. Karena bentuknya yang begitu indah dan megah, sangat tidak cocok jika ditempatkan di dunia yang memang di dalamnya hanya ditempati oleh kehinaan saja.
Buroq diciptakan oleh Allah dengan dua sayap. Dengan sayap itulah ia akan terbang di antara langit dan bumi. Wajahnya seperti manusia, lisannya seperti lisan orang arab, kedua alisnya tampak terang, kedua tanduknya besar, kedua telinganya tipis, kedua matanya hitam,dan kedua telinganya tercipta dari zamrud hijau. Dikatakan, dia seperti binatang yang bersinar , jambulnya dari yaqut hijau, ekornya seperti ekor sapi yang ditaburi dengan emas merah. Ada yang mengatakan bahwa buroq jika dinilai dari segi keelokannya, maka ia seperti burung merak, yang lebih tinggi dari pada khimar, dan lebih rendah daripada keledai.
Mengapa dinamakan Buroq ? karena, kecepatan jalannya ( terbangnya ) seperti kilat. Ketika Nabi Muhammad SAW ingin menaikinya, maka buroq akan bergetar ( berguncang ) hebat. Kemudian, ia akan berkata, “ Wahai Jibril, demi kemuliaan Tuhanku, tidak akan biasa menaikiku kecuali seorang Nabi keturunan Hasyim Al Abthohiy yang berbangsa Quraisy, yakni Nabi Muhammad SAW bin Abdullah yng mempunyai Al Qur’an.
Nabi SAW berkata, “ aku Muhammad putra Abdullah”. Setelah berkata demikian, Nabi SAW bisa menaiki buroq tersebut. Di antar buraq dan di sertai Jibril, Nabi pun terbang menuju surge. Di sana, beliau segera menunduk dan bersujud kepada Allah. Lalu, Allah berfirman, “ angkatlah kepalamu, wahai Muhammad. Hari ini bukanlah hari untuk ruku’ dan sujud, tetapi sekarang adalah hari penghitungan dan pembalasan. Angkatlah kepalamu dan memintalah, niscaya akan di kabulkan ( dari apapun yang diminta ).
Nabi SAW bertanya, “ Ya Tuhanku, tidakkah engkau menjanjikan kepada umatku” ?
Allah menjawab, “ aku memberimu ( dari apapun ) perkara yang engkau ridhoi ( relakan )”.
Hal ini sebagaimana yang diterangkan oleh Allah dalam firmanNya:
ولسوف يعطيك ربك فترضي
            “ Dan, kelak Tuhanmu pasti memberikan karuniaNYA kepadamu, lalu ( kamu ) menjadi puas”. QS. Ad Dhuha {93} : 5.
Setelah kejadian itu, Allah  memerintah langit agar menurunkan hujan yang deras dan kecepatanya sebgaimana kecepatan meluncurnya mani ( sperma ) lelaki.  Hujan ini terjadi selama 40 hari. Maka, ketika air itu berada diatas suatu apapun ( kira – kira dua belas lengan ) tumbuhlah beberapa makhluq ( di sebabkan oleh air itu ), seperti tumbuhnya beberapa sayuran. Sehingga, sempurnalahjasad para makhluq seperti mereka masih di dunia. Allah mengganti bumi yang pernahdi gunakan maksiat oleh orang – orangyang berbuat durhaka kepadaNYA dengan air yang tak terkira panasnya ( air panas yang terdapat di neraka jahannam ), yang telah disiramkan di atasnya. Allah juga mendatangkan bumi dari perak putih, lalu di atasnya dituangkan sejuknya air dari surge.
Diriwayatkan dari Aisyah RA beliau berkata “ Ya Rosulullah , di manakah manusia di hari itu , hari ketika bumi diganti  dengan selain bumi “? Nabi SAW menjawab, “ Wahai Aisyah, kamu bertanya kepadaku tentang sesuatu ( permasalahan ) yang besar ( agung ). Tidak ada yang menanyakan tentang masalah itu selain kamu. Sesungguhnya, manusia pada saat itu berada di shirat ( jembatan yang terbentang di tengah – tengah neraka ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan,, terimakasih atas kunjungan anda. jangan lupa follow ya,,,,

The title of your home page You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords