Kamis, 27 Desember 2012

QURBAN ( 1 )


QURBAN MEMBENTUK SOLIDARITAS SOSIAL

Manusia adalah makhluk sosial, manusia tak mungkin hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Ia membutuhkan manusia lainnya untuk berinteraksi. Bahkan, manusia juga membutuhkan hewan sebagai kendaraan dan lainnya, tumbuh – tumbuhan sebagai makanan, serta ilmu pengetahuan untuk memahami seluruh ciptaaan Allah.

Dari sekian banyak syariat islam yang diperintahkan kepada kaum muslimin, yang mengandung hubungan horizontal bagi sesama manusia, misalnya zakat, haji, sholat, dan Qurban. Sedangkan puasa , sebagaimana diterangkan dalam hadits Qudsi adalah unutk Allah, karena hanya Allah yang mengetahuinya. Namun puasa sesungguhnya juga mengandung unsur sosial, karena orang yang berpuasa besa merasakan rasa lapar yang biasa dirasakan kaum dhuafa. Karenanya, seluruh praktik dan ritual ibadah yang diajarkan dalam islam memiliki nilai – nilai sosial.

Sepertinya sholat, puasa, zakat, dan haji, dalam ibadah Qurban juga terdapat nilai – nilai sosial. Terlebih lagi dalam kitab suci Al Qur’an maupun hadits banyak terkandung ajaran – ajaran sosial kemanusiaan, seperti berbuat baik kepada tetangga, menolong orang lain, berbakti pada kedua orang tua, menyantuni anak yatim, menjenguk orang sakit, memberi makan fakir miskin, dan lain sebagainya.

Melalui ibadah Qurban, seorang hamba ditempa untuk memiliki jiwa kepedulian terhadap orang lain. Salah satu hikmah berqurban adalah menggembirakan golongan fakir miskin. Sebab, tidak semua orang mampu makan daging walaupun dia tinggal di kota besar. Maka dianjurkan sekali bagi orang yang mampu untuk berqurban dan membagi – bagikan daging dari hewan qurban tersebut kepada fakir miskin. Dalam ajaran islam, disyariatkan daging qurban untuk disedekahkan kepada yang berhak, yaitu orang yang layak untuk menerimanya, yang tentunya bukanlah orang kaya.

“ Beliau ( Rosulullah ) memberi makan dari dua qurbannya itu untuk orang miskin, dan beliau beserta ahlinya ikut memakanya”. (HR ahmad )

 
 
 
 
 
 
imocahriau.blogspot.com

2 komentar:

silahkan di komentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan,, terimakasih atas kunjungan anda. jangan lupa follow ya,,,,

The title of your home page You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords