Minggu, 30 Desember 2012

QURBAN ( 3 )


KEPASRAHAN TOTALITAS
Ibadah qurban merupakan salah satu bentuk kemuliaan seorang hamba. Sebab, dengan berqorban berarti dirinya telah mengalahkan kepentingan dirinya demi pengabdiannya kepada Allah. Dan hanya orang – orang yang telah penuh kecintaan dan kepasrahan untuk berqurban. Sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW, qurban merupakan ibadah yang sangat mulia dan agung. Tidak ada satupun perbuatan manusia yang paling disukai Allah pada hari raya haji ( selain ) dari mengalirkan darah ( erqurban).
Sesungguhnya, orang yang berqurban itu datang pada hari kiamat membawa tanduk, bulu, dan kuku binatang itu. Dan sesungguhnya darah ( qurban )  yang mengalir itu akan lebih cepat sampai kepada Allah  dari ( darah itu ) jatu dipermukaan bumi. Sucikanlah dirimu dengan berqurban. ( HR Tirmidzi dan ibnu majah dai Aisyah).
Perihal keutamaan qurban ini juga diterangkan dalam sebuah hadits dai ibnu abas bahwasanya Rosullah SAW bersabda, “tidak ada sedekah uang yang lebih mulia dari yang dibelanjakan untuk qurban di Hari raya idul adha”. ( HR Daruquthni)
Sebagai salah satu ibadah yang hukumnya sunah, setidaknya ibadah qurban mengandung nilai – nilai dimensi tauhid dan dimensi spiritual. Dalam sejumlah riwayat disebutkan, kurban qurban di zaman para Nabi dan Rosul terdahulu terlukis dengan jelas bahwa harga dan nilai qurban itu adalah ketakwaan dan kesabaran dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT.
KH Abdurrohman dalam bukunya “ Hukum Qurban, Aqiqoh dan sembelihan” memaparkan, harga dan nilai kurban dalam pandangan Allah SWT ialah pembangkit utama yang menggugah niat yang ikhlas dan mencerminkan keteguhan iman serta ketakwaan yang murni. Karenanya, ibadah qurbandimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan,, terimakasih atas kunjungan anda. jangan lupa follow ya,,,,

The title of your home page You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords