Minggu, 30 Desember 2012

QURBAN ( 2 )


KEUTAMAAN QURBAN
Allah SWT telah menjanjikan surga bagi mereka yang telah menyisihkan sebagian dari harta mereka untuk berqurban dengan niat yang ikhlas. Hewan yang telah kita qurbankan diyakini dikemudian hari akan mengantarkan kita menuju surga. Rosulullah bersabda, “ tiap – tiap rambut yang diqurbankan merupakan khoir. Ungkapan “ khoir “ ini mengandung arti keselamatan, kebaikan, kesejahteraan,kebahagiaan, dan kemurahan Allah SWT”.
Ibadah qurban juga mengandung pesan – pesan moral yang ditunjukkan dengan simbol – simbol yang ada dalam ritual ibadah qurban. Sejarah qurban Nabi Ibrahim merupakan sejarah yang penuh dengan nilai pengorbanan. Dalam hal ini kita meneladani bahwa sikap Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak yang dicintainya, menandakan kerelaannya pula dalam mengorbankan segala hal yang dimilikinya.
Kata “ pengorbanan” yang dimunculkan dalam ritual ibadah qurban ini merupakan salah satu bentuk sikap moral yang apabila diaplikasikan oleh sebagian lapisan masyarakat dapat menjadi solusi berbagai permasalahan. Contohnya adalah orang kaya yang mau berqorban dengan hartanya untuk orang – orang miskin sehingga memberikan solusi bagi permasalahan orang – orang miskin di sekitarnya. Begitu juga seorang pemimpin yang rela berqorban dengan meninggalkan hawa nafsu dan egonya demi kemaslahan masyarakat, bukan untuk kemaslahatan pribadi dan golongan. Lebih jauh lagi, kaum muslimin harus rela berqorban baik harta dan jiwa, maupun tenaga dan fikiranya, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan,, terimakasih atas kunjungan anda. jangan lupa follow ya,,,,

The title of your home page You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords